Langsung ke konten utama

Milia dan Kado Ulang Tahun



Seperti yang saya sebutkan di postingan sebelumnya, saya suka buku anak dengan beberapa alasan, jadi kali ini kembali baca buku anak lagi. Mepet deadline gini supaya terpenuhi target membaca kan emang enaknya baca buku anak. Tipis-tipis dan enggak berat mikirnya. Ahaha....

Jadi kali ini saya baca buku anak yang beda dari biasanya. Beda karena ditulis oleh anak-anak. Saya kan biasanya baca buku anak yang ditulis oleh orang dewasa, jadi penasaran juga bagaimana kalau cerita anak ditulis oleh anak-anak. Dan saya juga kepo... Sebenarnya anak-anak lebih suka buku anak yang ditulis oleh teman-teman seusianya atau orang dewasa ya? Tergantung selera kali ya. Kalau adek sepupu saya dulu lebih suka KKPK. Dia punya buku anak yang ditulis oleh orang dewasa berdasarkan rekomendasi saya aja. Selain itu ya dia beli KKPK. Itu juga yang saya rekomendasikan kelihatannya dia enggak terlalu doyan. 



Buku anak yang saya baca kali ini berjudul Milia dan Kado Ulang Tahun yang ditulis oleh Najma Alya Jasmine yang berusia 12 tahun. Buku ini adalah kumpulan cerpen, yang terdiri dari cerpen realis juga dongeng. 

Cerita pembuka bercerita tentang para penghuni hutan yang merasa terganggu dengan penebangan liar di tempat tinggal mereka. Mereka pun berembug buat memutuskan apa yang harus dilakukan agar para penebang liar itu tidak lagi melakukan aksinya? Tapi mereka juga tidak ingin menyakiti para penebang liar, mereka hanya tidak ingin diganggu. 

Saya suka dengan cerpen yang berjudul Sayangi Lingkungan. Satu kutipan di novel itu yang saya suka banget adalah Alila dan lingkungan harus saling melindungi. Lingkungan melindungi Alila kalau hujan, banyak pohon, enggak banjir, terus Alila juga harus menjaga kebersihan lingkungan, supaya enggak banjir.

Cerpen lain juga ada yang bercerita tentang lingkungan, sepertinya penulisnya menaruh perhatian besar terhadap isu lingkungan hidup deh. Ada beberapa cerpen yang tentang lingkungan, namun kenapa judul yang diambil justru Milia dan Kado Ulang Tahun? Apa judul itu lebih 'menjual'?

Ada juga cerpen yang bikin saya terkikik geli ketika membacanya. Cerpen di mana muncul Alien... Lagi-lagi cerpen itu bertema tentang penjagaan lingkungan. Satu cerpen lagi yang menjadi favorit saya di buku ini adalah yang berjudul Silsila namaku. 

Di novel ini saya melihat kesederhanaan tema tapi tetap ada sesuatu yang menjadi pesan yang bagus buat anak-anak. Terus menulis Najma, kakak Yanti suka tulisan kamu. Ehehehe... Panggil kakak aja, jangan panggil Tante :p

Komentar

  1. Ah iya. Jadi kangen nuansa cerita anak-anak yang sederhana. Dah kebanyakan baca cerita dengan twist ending. Hahaha. Makasih Kak Yanti *kata penulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Kak Dani :D
      Iya, Mas. Anak-anak mah ga ribet :D

      Hapus
  2. Milia nama yang cantik. :D Kalo peci yang nulis anak2 ya, mba? Beda sama Lintang Indiva?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Ila. Sepertinya gitu. Peci khusus anak-anak, kalau Lintang tulisan anak yang ditulis orang dewasa :D

      Hapus

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Novel yang Berkisah Tentang Poligami

Kebahagiaan dalam pernikahan adalah harapan setiap insan yang menikah. Mereka berharap pasangan dalam hidupnya adalah yang pertama dan terakhir serta hanya maut yang bisa memisahkan. Hal itu juga dialami oleh Arini. Arini yang menyenangi dunia dongeng selalu menganggap hidupnya pun akan berakhir bahagia seperti dongeng-dongeng yang selama ini ia ketahui. Happily Ever After. Semuanya semakin sempurna saat Arini menemukan sang pangeran yang membangun istana cinta bersamanya. Pras, adalah lelaki baik hati itu. Bersama Pras, Arini dikaruniai tiga anak-anak yang cerdas. Karier Arini sebagai penulis pun terus berjalan.

Drama Rumah Tangga Pasangan Muda

Setiap pernikahan punya tantangan masing-masing. Ada pernikahan yang harus berjuang di tengah kondisi ekonomi yang mengimpit, ada juga yang menghadapi pernikahan dengan pasangan yang tinggal berjauhan. Sedangkan tantangan yang dialami oleh Laili adalah dia merasa pernikahannya dengan Andra tidak berdasarkan keinginan Andra sendiri.             Andra pun dengan terang-terangan mengaku pada Laili ketika melamar gadis tetangganya itu. Bahwa lamarannya didasarkan pada keinginan orangtuanya agar Andra menikah dengan Laili. Sementara Laili sudah positif jatuh cinta pada suaminya tersebut sejak akad nikah. Padahal Andra menginginkan hubungan mereka berjalan hanya seperti seorang teman. Tak kurang dan tak lebih, sama seperti hubungan mereka sebelum menikah. Maka terjadilah pernikahan yang tak seperti orang kebanyakan. Mereka tidur di kamar terpisah dan tidak bersentuhan secara fisik seperti para pengantin baru pada umumnya. Tanpa diketahui Laili, Andra melakukan hal tersebut kar

Konnichiwa, Jepang!

                 Salah satu cara mengenal daerah atau negara lain adalah lewat cerita. Cerita dari mana saja, mendengar sendiri dari pengalaman orang lain, dari tulisan-tulisan di medsos atau dari cerita fiksi yang ada di buku. Salah satu buku yang menceritakan tentang Jepang adalah sebuah novel anak berjudul Konnichiwa, Jepang!             Cerita berawal dari Aimi yang sangat sedih karena baru pulang dari Rumah Sakit tempat ia dirawat selama dua minggu. Loh? Pulang ke rumah kok sedih? Itu karena kecelakaan yang membuat ia harus dirawat membuyarkan impiannya. Impian untuk menjadi penyanyi idola. Kecelakaan itu membuat Aimi tidak bisa ikut audisi penyanyi idola. Aimi bertambah sedih dan kesal saat mendapatkan telpon dari Erica yang mengabarkan kalau Erica terpilih menjadi di audisi tersebut. Aimi pun jadi membenci Mamanya yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi.