Langsung ke konten utama

Saat Ingin Menjadi Penulis

Hello, sejauh mana usahamu untuk meraih mimpi?

            Kira-kira begitulah terjemahan dari potongan lirik lagu Hello to myself yang menjadi salah satu OST Dream High 2. Mendadak saya teringat lagi sama lagu tersebut ketika membaca buku Dream Catcher.



            Chloe tokoh dalam novel tersebut punya ambisi menjadi penulis sejak TK. Ia pun mendirikan Authors of The Future bersama teman-temannya. Chloe dan teman-temannya mengadakan diskusi pada saat pelajaran berlangsung dengan cara saling mengoper buku. Diskusi dia dan teman-teman saat itu tentang pertunjukan drama.


            Selain menghadapi acara pertunjukan drama, Chloe juga terus menyimpan mimpinya untuk menjadi seorang penulis. Sebuah tulisan di dinding kamarnya kembali mengingatkan Chloe pada mimpinya tersebut. Tulisan ‘Semua Bermula dari Tekad’. Chloe juga punya koleksi buku-buku yang sebagian ditulis oleh anak-anak. Dari sana Chloe juga mendapatkan motivasi buat meneruskan memperjuangkan mimpinya. Namun, ketika Chloe ingin menulis, ia merasa tak punya ide segar.

            Pada acara pertunjukan drama, Chloe ditunjuk teman-temannya untuk menulis scenario. Sementara itu untuk impiannya menjadi penulis, Chloe juga mendapatkan ide dari mimpi berantai yang dia alami setiap malam. Tapi, karena kelelahan mempersiapkan pertunjukan drama, mimpi berantai itu tidak lagi hadir dalam tidur Chloe. Padahal cerita yang ditulis Chloe belum selesai. Akankah berakhirnya mimpi itu juga mengakhiri impian Chloe?

            Dream Catcher memang termasuk dalam genre novel anak. Masuk bagian PCPK alias Penulis Cilik Punya Karya. Tapi, membaca kisah Chloe dan impiannya menjadi penulis seperti membaca kisah saya sendiri yang dari dulu juga punya mimpi jadi penulis. Sama seperti Chloe saya juga mengoleksi buku-buku dengan harapan kalau memandang buku-buku tersebut bisa membangkitkan semangat saya buat menulis. Kemudian cara Chloe ‘berdiskusi’ dengan teman-temannya saat pelajaran berlangsung juga membuat saya teringat dengan masa-masa sekolah dan kuliah dulu. Saya dan teman-teman juga sering banget ngobrol dengan cara mengoper buku atau kertas. Hahaha….

            Yang mau tau bagaimana Chloe mengatasi kendala-kendalanya dalam menulis, yuk ah baca buku ini ;-)

Judul                          : Dream Catcher
Penulis                        : Jesslyn Wijaya
Penerbit                      : Noura Books
Tahun Terbit             : Cetakan Pertama, Maret 2015

Tebal Buku                : 116 Halaman

Komentar

  1. Hai kak, ini Jesslyn, penulis Dream Catcher ^^
    Terima kasih telah membaca dan menulis review untuk novel saya ya Kak :D
    Semoga bermanfaat dan terhibur ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Jesslyn. Terima kasih sudah mampir. Terus semangat menulis ya :D

      Hapus
    2. hellow mb hairi yanti salam kenal saya dian,, saya ingin bertanya bagaimana cara untuk menyalurkan bakat kita menulis,, dari SMA saya sudah suka menulis ataupun mengarang tapi tidak tahu harus menyalurkan bakatnya kemana,, tolong dibantu ya ,, terimakasih,,,,

      Hapus
    3. Halo Dian, maaf saya baru sempat membalas komentarnya. Salah satu caranya kamu bisa bergabung dengan komunitas menulis. Salah satunya BaW Community di FB https://www.facebook.com/groups/1393239904286620/
      Cara paling ampuh tentu saja dengan menulis, menulis dan menulis. Semangat ya :D

      Hapus
  2. Wih langsung dikomentari sama penulisnya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Novel yang Berkisah Tentang Poligami

Kebahagiaan dalam pernikahan adalah harapan setiap insan yang menikah. Mereka berharap pasangan dalam hidupnya adalah yang pertama dan terakhir serta hanya maut yang bisa memisahkan. Hal itu juga dialami oleh Arini. Arini yang menyenangi dunia dongeng selalu menganggap hidupnya pun akan berakhir bahagia seperti dongeng-dongeng yang selama ini ia ketahui. Happily Ever After. Semuanya semakin sempurna saat Arini menemukan sang pangeran yang membangun istana cinta bersamanya. Pras, adalah lelaki baik hati itu. Bersama Pras, Arini dikaruniai tiga anak-anak yang cerdas. Karier Arini sebagai penulis pun terus berjalan.

Drama Rumah Tangga Pasangan Muda

Setiap pernikahan punya tantangan masing-masing. Ada pernikahan yang harus berjuang di tengah kondisi ekonomi yang mengimpit, ada juga yang menghadapi pernikahan dengan pasangan yang tinggal berjauhan. Sedangkan tantangan yang dialami oleh Laili adalah dia merasa pernikahannya dengan Andra tidak berdasarkan keinginan Andra sendiri.             Andra pun dengan terang-terangan mengaku pada Laili ketika melamar gadis tetangganya itu. Bahwa lamarannya didasarkan pada keinginan orangtuanya agar Andra menikah dengan Laili. Sementara Laili sudah positif jatuh cinta pada suaminya tersebut sejak akad nikah. Padahal Andra menginginkan hubungan mereka berjalan hanya seperti seorang teman. Tak kurang dan tak lebih, sama seperti hubungan mereka sebelum menikah. Maka terjadilah pernikahan yang tak seperti orang kebanyakan. Mereka tidur di kamar terpisah dan tidak bersentuhan secara fisik seperti para pengantin baru pada umumnya. Tanpa diketahui Laili, Andra melakukan hal tersebut kar

Konnichiwa, Jepang!

                 Salah satu cara mengenal daerah atau negara lain adalah lewat cerita. Cerita dari mana saja, mendengar sendiri dari pengalaman orang lain, dari tulisan-tulisan di medsos atau dari cerita fiksi yang ada di buku. Salah satu buku yang menceritakan tentang Jepang adalah sebuah novel anak berjudul Konnichiwa, Jepang!             Cerita berawal dari Aimi yang sangat sedih karena baru pulang dari Rumah Sakit tempat ia dirawat selama dua minggu. Loh? Pulang ke rumah kok sedih? Itu karena kecelakaan yang membuat ia harus dirawat membuyarkan impiannya. Impian untuk menjadi penyanyi idola. Kecelakaan itu membuat Aimi tidak bisa ikut audisi penyanyi idola. Aimi bertambah sedih dan kesal saat mendapatkan telpon dari Erica yang mengabarkan kalau Erica terpilih menjadi di audisi tersebut. Aimi pun jadi membenci Mamanya yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi.